Marquez Tuntaskan Puasa Gelar di MotoGP Aragon

25 September 2016 21:06

ARAGON – Marc Marquez akhirnya menuntaskan puasa gelar di MotoGP Aragon yang sudah berlangsung selama dua musim.

Rider dengan julukan Bayi Alien itu sukses menggeber sepeda motornya, menjadi yang tercepat dalam balapan di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (25/9) malam WIB.

Meski start buruk, Marquez mampu memperbaikinya di jalannya balapan.

Maverick Vinales memimpin usai tikungan pertama selepas start.  Posisi ini dia pertahankan satu setengah lap. Vinales, Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Marc Marquez yang tercecer mulai menekan Lorenzo dan Vinales dan akhirnya berhasil sebelum balapan memasuki lap kedua, dia berhasil bahkan leading.

Namun hanya beberapa saat, Marquez melebar di tikungan ketujuh yang mengakibatkannya kembali tercecer, kali ini hingga ke posisi kelima.

Di depan memimpin Vinales, diikuti Lorenzo, Rossi dan Andrea Dovizioso.

Vinales mulai menjauh, Rider Suzuki Ecstar yang musim depan akan bergabung dengan Movistar Yamaha itu membuat jarak lumayan dengan dua Yamaha di belakangnya, Lorenzo dan Rossi.

Memasuki lap empat, Rossi sudah di depan Lorenzo. So, posisinya saat balapan menyisakan 17 lap lagi, Vinales di depan, Rossi, Lorenzo, Marquez.

Rossi mulai menggigit, semakin menempel Vinales. Marquez juga kembali unjuk gigi. Lorenzo disalip.

Dua duel berlangsung ketat. Vinales vs Rossi, Marquez vs Lorenzo.

Akhirnya Rossi! The Doctor akhirnya menyalip Vinales dengan susah payah di lap ke-8. Di belakang Vinales, Marquez mulai mendekat, Lorenzo sedikit tercecer.

Vinales membuat kesalahan di tengah tekanan. Dia melebar di sebuah tikungan, dan membuat ruang buat Marquez menyodok ke posisi kedua.

Marquez menempel Rossi.

Sementara Vinales sepertinya bermasalah. Lorenzo dengan mudah menyalipnya. So, saat balapan menyisakan 13 lap lagi, Rossi di depan, Marquez, Lorenzo dan Vinales di posisi keempat.

Jarak antara Rossi dan Marquez semakin dekat, Rossi mulai tertekan.

Marquez akhirnya menyalip Rossi di sisa 12 lap balapan. Namun Rossi sepertinya belum menyerah. Giliran Rossi menekan Marquez dengan gap sekitar 0,244-0,373 detik saja.

Di rombongan kedua, Vinales memepet Lorenzo demi mengamankan sisa tempat di podium.

Saat balapan menyisakan delapan lap lagi, pelan dan pasti Marquez mulai semakin menjauh dari Rossi. Gap-nya sudah sekitar 0,9 detik.

Rossi sendiri mulai ditekan Lorenzo dan Vinales yang masih bersaing ketat.

Tempat di podium mulai bisa dipastikan saat balapan tinggal lima lap lagi. Vinales melebar terlalu jauh hingga langsung tercecer.

Lorenzo-nya mulai unjuk gigi. Di saat hampir bersamaan, juara bertahan itu mampu menyalip Rossi. Sengit.

Kamera atau tayangan live pun langsung lebih fokus ke persaingan Lorenzo dan Rossi di lap-lap akhir. Empat lap lagi.

Di dua lap sisa, duel Lorenzo dan Rossi semakin menarik.
Rossi mendapat momen, dan berhasil menyalip namun sayang beribu sayang, Rossi melebar jauh dan Lorenzo memanfaatkannya dengan menggeber habis motornya menjuh dari Rossi.

Marquez akhirnya menjadi yang pertama menyentuh garis finis. Disusul Lorenzo dan Rossi melengkapi tempat di podium. (jpnn)

Comments